Gorace merupakan komunitas briker mania dan sebagai organisasi kemasyarakatan yang bergerak di bidang media komunikasi sosial untuk menangani musibah atau bencana alam yang terjadi di daerah Sulawesi Tengah,Komunitas Gorace mulai terbentuk pada tanggal 27 Desember 2008 di Kota Palu Propinsi Sulawesi Tengah dan beralamatkan di Jalan Rajamoili II No.7b Telepon (0451) 452989.Komunitas Gorace berazaskan Pancasila dan UUD 1945,Frekuensi yang digunakan sampai saat ini adalah 143.120.0 Mhz guna menjalin komunikasi antar anggota yang masih bernaung di bawah RAPI ( Radio Antar Penduduk Indonesia),Banyak prestasi dari Komunitas Gorace yang pernah diraih dan membanggakan Sulawesi Tengah di ajang kompetisi nasional maupun daerah.Sehingga Organisasi ini dibentuk untuk mencari generasi muda yang berkreatif dan berkompetitif serta berjiwa sosial.

Rabu, 17 April 2013

Propagasi Gelombang Radio



Model Propagasi Gelombang Radio Digunakan dalam Analisis Cakupan RF Propagasi Gelombang Radio. Merupakan proses perambatan gelombang radio mulai saat dipancarkan dari pemancar radio hingga sampai pada penerima. Gelombang radio yang terpancar dari pemancar sampai dapat diterima pada stasiun penerima dapat melalui beberapa metoda atau cara. Metoda atau cara tersebut adalah :

  1. Terpantul balik oleh bumi (Ground Waves)
  2. Terpantul balik oleh lapisan ion atau ionosfir (Sky Waves) 
  3. Secara Langsung (Line of Sight / Surface Wave) 
  • Gelombang Bumi (Ground Wave) : Gelombang bumi merupakan gelombag radio yang perambatannya merupakan hasil pantulan oleh permukaan bumi. Gelombag ini beroperasi pada frekuensi sangat rendah atau VLF (Very Low Frequency) yaitu sekitar 100 KHz sampai dengan 300 kHz dengan jarak jangkauan hingga 1000 Km. Propagasi gelombang radio ini biasa digunakan untuk komunikasi pantai. Pemanfaatan gelombang bumi dalam teknik komunikasi, kuat medan di stasiun penerima akan ditentukan oleh : •Daya pancar dari pemancar • Karakteristik antena pancar • Frekuensi operasinya • Pemantulan yang terjadi pada permukaan bumi • Kondisi meteorologi (suhu, humiditas, cuaca, dll) • Karakteristik dari medan penghantar 
  • Gelombang Langit (Sky Waves) : Propagasi gelombang radio pada gelombang langit sangat dipengaruhi oleh kondisi atmosfir di atas permukaan bumi. Atmosfir di atas bumi terbagi dalam beberapa lapisan, yaitu ; • Troposfir : adalah bagian atmosfir bumi yang membentang dari permukaan bumi hingga ketinggian sekitar 11 Km. • Stratosfir : adalah atmosfir bumi yang berada di ketinggian sekitar 11 Km s/d 50 Km. • Ionosfir : adalah lapisan atmosfir yang berada pada ketinggian di atas 50 Km dari permukaan bumi. Pada lapisan ionosfir inilah terdapat gas-gas yang secara terus-menerus terkena sinar matahari dan membentuk lapisan ion yang dapat memantulkan gelombang radio. 
  • Gelombang Ruang (Space Wave) : Gelombang ruang adalah gelombang yang tidak dipantulkan oleh lapisan ion atau ionosfir, melainkan dapat menembus dan tidak terpengaruh oleh adanya lapisan ionosfir. Gelombang ini termasuk VHF, UHF, dst, yaitu gelombang dengan frekuensi mulai 30 MHz ke atas. Kegunaan dari propagasi gelombang radio ini diantaranya adalah untuk jalur frekuensi komunikasi Satelit dan Televisi. Karena tidak dapat terpantul oleh lapisan ion, maka gelombang pada televisi tidak dapat menjangkau jarak yang jauh sehingga membutuhkan stasiun-relay atau repeater. Penerimaan dapat diperoleh dengan baik jika berada pada garis pandang antara antena pancar dan penerima atau lebih umum dengan istilah LOS = Line Of Sight.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More